8 Pokok Nutrisi Ibu Hamil


nutrisi ibu hamil
Kali ini kita akan coba membahas artikel tentang nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil berapapun usia kandungannya. Kesehatan janin dalam kandungan serta ibu hamil sangat diperngaruhi oleh 8 pokok nutrisi ibu hamil ini. Oleh sebab itu sudah seharusnya, keluarga terutama suami wajib memperhatikan gizi istri yang sedang hamil. Tetapi bukan berarti wanita hamil harus makan banyak tanpa perhitungan, karena jika janin memiliki berat yang berlebih akan mempersulit proses persalinan nanti. Memang ibu hamil harus makan lebih banyak daripada ibu tidak hamil tetapi bukan membabi-buta, yang diperhatikan adalah kandungan dari makanan tersebut.
Berikut ini adalah 8 pokok nutrisi yang harus di konsumsi oleh ibu yang
sedang hamil.
  • KALORI
konsumsi ibu hamil terhadap kalori pasti bertambah antara 300-400 kkal/hari. Kalori ini biasanya diperoleh dari pola makan 4 sehat 5 sempurna.
  •  PROTEIN
Protein bisa diperoleh dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging dan tahu. Protein berfungsi menjadi sumber dari kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel.

  • KALSIUM
Berfungsi dalam pertumbuhan tulang dan gigi bagi janin serta menjauhkan ibu hamil dari penyakit osteoporosis. Kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari tulang ibunya, sehingga ibu hamil harus memperbanyak konsumsi makan dengan kandungan kalsium tinggi. Susu merupakan sumber kalsium paling baik dan susu juga mengandung banyak vitamin antara lain A, D, B2, B3, dan C.

  • ASAM FOLAT
Kebutuhan janin akan asam folat ini sangatlah tinggi untuk pembentukan sel dan sistem saraf. Dalam masa kehamilan 3 bulan pertama janin membutuhkan minimal 400 mikrogram per hari. Jika janin sampai mengalami kekurangan asam folat ini maka perkembangan janin tidak sempurna dan dapat menyebabkan janin memiliki kelainan fisik. Oleh sebab itu seorang ibu hamil harus meperhatikan kebutuhan akan zat asam folat ini. Asam folat bisa diperoleh dari buah-buahan, beras merah, dan sayuran hijau

  • ZAT BESI
Zat besi berfungsi bagi pembentukan darah terutama pembentukan sel darah merah (hemoglobin) dan mengurangi resiko seorang ibu hamil terserang anemia. Zat besi banyak terkandung dalam makanan daging, ikan, dan hati.

  • VITAMIN A
Vitamin A berguna bagi pemeliharaan fungsi mata, serta pertumbuhan tulang dan kulit. Selain itu juga berfungsi sebagai imunitas dan pertumbuhan pada janin. Yang perlu diperhatikan adalah seorang ibu hamil tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin A karena dapat menggangu pertumbuhan janin.

  • VITAMIN C
Fungsi vitamin C adalah untuk menyerap zat besi, baik bagi kesehatan gusi dan gigi, melindungi jaringan organ tubuh dan otrak dari sinyal kimia.

  • VITAMIN D
Vitamin D dapat menyerap zat kalsium sehingga bermanfaat sekali dalam pembentukan tulang bayi. Makanan yang banyak mengandung Vitamin D adalah kuning telur, susu, dan hati ikan.



Demikin yang saya bagikan mengenai 8 Pokok Nutrisi Ibu Hamil, semoga bisa menjadi manfaat bagi kita semua khususnya bagi wanita/ibu hamil Indonesia, sehingga ibu dan janin bisa sehat, hebat, dan bahagia.

No comments:

Post a Comment