3 Penyakit Berbahaya Bagi Janin

3 Penyakit Berbahaya Bagi Janin
Kondisi janin dalam kandungan sangat menentukan terhadap kesehatan janin setelah dilahirkan. Sehingga pada masa kehamilan, seorang wanita / ibu harus sangat memperhatikan kesehatannya. Mulai dari kekurangan gizi dan nutrisi, serangan dari virus dan bakteri adalah faktor penyebab gangguan kesehatan janin dan ibu hamil. Berikut ini saya
akan coba berbagi informasi tentang 3 Penyakit Berbahaya Bagi Janin.

1. TORCH (Toxoplasma, Rubella, CMV, Herpes) dan sifilis
TORCH merupakan berbagai penyakit yang disebabkan oleh
virus, virus-virus ini dapat masuk ke dalam tubuh ibu hamil melalu interaksi dengan hewan peliharaan, makanan, bahkan dari hubungan suami istri. Ada dua pencegahan yang harus dimengerti oleh semua wanita / ibu di Indonesia yaitu:
  • Pencegahan Primer, Menghindari interaksi dengan hewan pembawa virus, seperti kucing. Selain itu wanita / ibu hamil harus menjaga makanan, hindari daging / telur setengah matang.
  • Pencegahan Sekunder, sebelum hamil lakukanlah skrining untuk mengetahui apakah terdapat virus dalam tubuh ibu ataupun bapak.

2. ANEMIA 
Anemia merupakan penyakit kekurangan eritrosit dalam darah, jika seorang wanita / ibu hamil terkena anemia dapat menyebabkan kecacatan pada anak ini dikarenakan rusaknya tabung saraf. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat besi dan asam folat.



3. DMG (Diabetes Mellitus Gestasional)
DMG itu adalah penyakit intoleransi glukosa yaitu gangguan metabolisme glukosa, insulin tidak terbentuk selama hamil. Inilah penyakit yang banyak menyebabkan kematian pada wanita / ibu hamil. DMG dapat menimbulkan komplikasi seperti hipertensi, cairan ketuban yang banyak, dan bayi lahir sangat besar. Seorang wanita / ibu hamil harus mengatur pola makan dan membatasi asupan karbohidrat, serta rutin memeriksakan kadar glukosa dalam darah, dan melakukan penambahan insulin jika ibu / wanita hamil memiliki gangguan insulin.


Demikian yang bisa saya bagi soal 3 Penyakit Berbahaya Bagi Janin  semoga menjadi pelajaran sekaligus peringatan bagi kita bersama.

No comments:

Post a Comment