Alat Kontrasepsi Ibu Menyusui

alat kontrasepsi ibu menyusui
Sekarang saya akan membagi informasi mengenai Alat Kontrasepsi Ibu Menyusui. Kenapa saya memilih topik ini untuk dibahas terlebih dahulu dalam bagian KB? Karena ibu menyusui sebaiknya segera melakukan KB jangan sampai anak masih kecil sekali tapi sudah hamil lagi. Jika hal ini terjadi aka memberikan dampak yang tidak baik bagi sang Ibu maupun janin. Poin yang harus dipegang teguh oleh
seorang ibu menyusui adalah pilihan KB ini tidak berdampak pada menurunnya produksi ASI, terutama pada usia 6 bulan pertama dimana saat itu bayi belum diperbolehkan mendapat makanan tambahan selain ASI.

Yang dapat dipakai oleh ibu menyusui di 6 bulan pertama usia bayi adalah KB non hormonan maupun hormonal agar tidak hamil lagi, suntikan yang hanya memiliki kandungan hormon progesteron yang disuntikan per 3 bulan atau pil KB dari golongan progesteron rendah. Kontrasepsi yang memiliki kandungan estrogen tidak dianjurkan untuk ibu menyusui karena dapat mengurangi jumlah ASI, misalnya Diane. Namun untuk IUD itu cukup aman bagi ibu menyusui, Bagi ibu yang sedang menyusui, berikut adalah pilihan kontrasepsi non hormonal yang aman, antara lain:
  • IUD (Intrauterine Device)
  • Spermatisida, cairan atau krim untuk membunuh sperma.
  • Tubektomi, mengikat tuba falopi supaya sperma tidak dapat mencapai sel telur.
  • Diafragma, dari bahan lateks lembut yang dimasukan ke dalam serviks untuk membentengi serviks agar sperma tidak mencapai uterus.
Tetap konsultasi dengan dokter / bidan di kota anda untuk memilih alat kontrasepsinya, meskipun semua alat diatas memiliki prosentase keberhasilan lebih dari 95%.

Untuk pil KB dengan dosis rendah progesteron untuk ibu menyusui, bekerja bersama-sama dalam mencegah kehamilan. Namun jika sudah jarang menyusui, alangkah baiknya tidak menggunakan lagi karena tidak akan memberi perlindungan yang optimal. Untuk mendapatkan pil KB, ibu harus ke layanan kesehatan agar di cek ada tidaknya kontradiksi dalam mengkonsumsinya. Dan pil KB untuk menyusui akan terdapat tanda di blisternya berupa gambar payudara. Demikian yang bisa saya informasikan mengenai Alat Kontrasepsi Ibu Menyusui semoga bermanfaat bagi wanita Indonesia.

No comments:

Post a Comment